Pengertian Kompetensi Guru Menurut Ahli

menurut Kamus awam Bahasa Indonesia yg dikutip  Usman  menyatakan kompetensi berarti kekuasaan buat menentukan atau memutuskan sesuatu hal. Pengertian dasar kompetensi yakni kemampuan atau kecakapan. berikut ini artinya pengertian pengertian  serta definisi berdasarkan beberapa ahli, diantaranya:
a.    dari Johnson yang dikutip Sanjaya  menyatakan “kompetensi adalah sikap rasional pengajar guna mencapai tujuan yang diprasyaratakan sinkron  menggunakan  kondisi yg dibutuhkan”. pengajar wajib   memiliki kemampuan  pada aktivitas belajar agar bisa mencapai suatu tujuan eksklusif.
b.    menurut Kenezevich yg dikutip Hamzah  menyatakan  bahwa kompetensi merupakan hasil dari kemampuan-kemampuan yang banyak jenisnya, bisa berupa pengetahuan, keterampilan, kepemimpinan, kecerdasan, serta lain-lain yg dimiliki seseorang buat mencapai tujuan.
c.    berdasarkan Mc. Leod yg dikutip Ibrahim  menyatakan kompetensi adalah perilaku yang rasional buat mencapai tujuan yang dipersyaratkan sinkron  menggunakan  kondisi yg dibutuhkan.
d.    menurut Houston yg dikutip Samana  bahwa kompetensi ialah kemampuan yang ditampilkan oleh guru pada melaksanakan kewajibannya menyampaikan pelayanan pendidikan kepada rakyat.
asal beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa kompetensi ialah kemampuan dari beragai aspek pengetahuan, keterampilan dan  serta perilaku yg wajib  dimilki, dikembangkan, dikuasai dan  dilakukan secara terus menerus buat mencapai tujuan yang pada harapakan.
pada  Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 pasal 10 yg dikutip sang Sagala  mengungkapkan:
Kompetensi guru mencakup (1)kompetensi pedagogik yaitu kemampuan mengelola pembelajaran siswa; (2) kompetensi kepribadian yaitu kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif serta berwibawa, serta sebagai teladan yg baik bagi anak didiknya; (3) kompetensi sosial yaitu kemampuan berkomunikasi  dan  berinteraksi secara efektif serta efesian menggunakan siswa: serta (4) kompetensi profesional yaitu kemampuan menguasai materi pelajaran secara luas serta mendalam pada peroleh melalui  pendidikan profesi.

berdasarkan Samana bahwa kompetensi pengajar adalah salah  satu faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran serta pendidikan di sekolah.   Kompetensi diartikan menjadi pengetahuan, keterampilan, serta nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam norma berpikir serta betindak spesifikasi dari pengetahuan, keteram¬pilan, dan  perilaku yg dimiliki seorang  serta penerapannya di pada pekerjan, sinkron dengan standar kinerja yang diharapkan sang lapangan. Perlu kita sadari bersama bahwa kompetensi yang dimiliki oleh setiap pengajar akan memberikan kualitas pengajar yg sebenar¬nya; terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan juga perilaku profesional pada menjalankan fungsi sebagai guru.
dari Mohamad Ali yang dikutip Hamzah menyatakan  bahwa kompetensi pengajar pada hakikatnya tak mampu dilepaskan dari konsep hakikat guru dan  hakikat guru. kompetensi pengajar  mencerminkan tugas dan  kewajiban guru yang harus dilakukan sehubungan menggunakan arti jabatan pengajar yang menuntut suatu kompetensi tertentu yang sebagaimana sudah pada jelasakan.
berasal beberapa pengertian diatas bisa disimpulkan bahwa kompetensi guru adalah kemampuan serta kewajiban guru pada menjalankan tugasnya yg meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial serta kompetensi profesional

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!