Pengertian Belajar, Apa itu belajar?

Pengertian Belajar

Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku individu akibat adanya interaksi dengan lingkungan. Kusmana Fachrudin menyatakan bahwa belajar adalah proses interaksi antara berbagai potensi yang ada dalam diri siswa dengan aneka potensi yang datang dari guru, siswa lainnya, fakta-fakta yang dikenalnya, konsep yang diterimanya dan lingkungan sekitarnya.[1] Interaksi yang terjadi antara guru, siswa dan lingkungannya merupakan proses yang akan merubah perilaku siswa sebagai bentuk kegiatan belajar.

Sedangkan menurut Nana Sudjana bahwa belajar adalah proses yang aktif, belajar adalah mereaksi terhadap reaksi yang ada di sekitar individu. Belajar adalah proses yang diarahkan kepada tujuan, proses berbuat melalui pengalaman. Belajar adalah proses melihat, mengamati, memahami sesuatu. Apabila kita berbicara tentang belajar, maka kita berbicara bagaimana merubah tingkah laku seseorang.[2]Proses belajar mengajar yang aktif harus diterapkan dalam setiap pembelajaran dimana terjadi interaksi aktif antara guru dengan siswa ataupun siswa dengan siswa. Hal tersebut akan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih hidup dan tidak monoton dengan lebih dikuasai oleh guru.

Lain halnya menurut Abu Achmadibahwa belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dengan cara-cara bertingkah laku yang baru berkat dari pengalaman dan latihan.[3]Salah satu tujuan belajar adalah pencapaian sesuatu jumlah pengetahuan pada jenjang waktu tertentu, pencapaian tujuan belajar yang dikenal sebagai hasil belajar. Belajar adalah semacam perubahan pertumbuhan pada seseorang yang telah mengalami perubahan itu, tidak mungkin kehilangan dasar hasilnya atau harus menghilangkan pertumbuhan yang dialaminya itu.

Dari beberapa pendapat di atas maka dapat dirumuskan definisi belajar yaitu suatu proses untuk mencapai suatu tujuan yaitu perubahan kearah yang lebih baik.Perubahan tersebut adalah perubahan pengetahuan, pemahaman, keterampilan, sikap dan tingkah laku yang bersifat menetap.Perubahan meliputi semua unsur secara keseluruhan dan kompleks.

[1]Kusmana E.Fachrudin, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1998. h.3

[2]Nana Sudjana,Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1998, h.28

[3]Abu Achmadi, Psikologi Belajar,Jakarta: Rineka Cipta, 1999, h.19

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!