Pengertian Hasil Belajar Menurut Ahli

Hasil belajar merupakan istilah yang tidak asing lagi dalam dunia pendidikan. Istilah tersebut lazim digunakan sebagai sebutan dari penilaian dari hasil yang dicapai dari proses pembelajaran, dimana penilaian tersebut bertujuan melihat tingkat kemajuan belajar siswa dalam penguasaan materi pengajaran yang telah dipelajarinya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Hasil belajar terdiri dari dua kata, yakni hasil dan belajar.Hasil belajar digunakan untuk menunjukkan hasil yang optimal dari suatu aktivitas belajar sehingga artinya pun tidak dapat dipisahkan dari pengertian belajar. Hasil merupakan hasil yang telah dicapai dari usaha yang telah dilakukan dan dikerjakan atau dalam definisi yang lebih singkat bahwa hasil adalah hasil yang telah dicapai (dilakukan dan dikerjakan).

Senada dengan pengertian di atas, hasil adalah hasil yang telah dicapai dari apa yang dikerjakan/yang sudah diusahakan.Menurut Mas’ud Khasan Abdul Qahar dalam Syaiful Bahri Djamarah bahwahasil adalah apa yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja.[1]Dengan demikian hasil belajar adalah penguasaan pengetahuan atau materi yang dikembangkan oleh mata pelajaran.

Tidak jauh dari pengertian yang dikemukakan oleh Fuad Mas’ud dan Syaiful Bahri Djamarah menyatakan bahwa hasil adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan keuletan kerja, baik secara individual maupun kelompok dalam bidang kegiatan tertentu.[2]

Dalam dunia pendidikan, bentuk penilaian dari suatu hasil biasanya dapat dilihat atau dinyatakan dalam bentuk simbol huruf atau angka-angka.Jadi, hasil belajar adalah hasil yang diraih oleh siswa dari aktivitas belajarnya yang ditempuh untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dapat diwujudkan dengan adanya perubahan sikap dan tingkah laku dan pada umumnya dinyatakan dalam bentuk simbol huruf atau angka-angka.

Hasil belajar yang didapatkan oleh seorang siswa bersifat sementara kadang kala dalam suatu tahapan belajar, siswa yang berhasil secara gemilang dalam belajar, sering pula dijumpai adanya siswa yang gagal. Seperti angka raport rendah, tidak naik kelas, tidak lulus ujian akhir dan sebagainya.Hasil belajar adalah tingkat keberhasilan murid untuk mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi

[1]Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1994, h.21

[2]Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1994, h.21

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!