Definisi Komunikasi , Komunikasi Adalah ….

Pengertian komunikasi menurut para ahli sebagaimana dikutip dari Tommy Suprapto (2009: 5-6) didefinisikan menurut sudut pandang masing-masing  yaitu:

  1. Komunikasi adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa dengan cara apa, kepada siapa dengan efek apa (Laswell).
  2. Komunikasi merupakan rangkaian proses pengalihan informasi dari satu orang kepada orang lain dengan maksud tertentu.
  3. Komunikasi adalah proses yang melibatkan seseorang untuk mengunakan tanda-tanda (alamiyah atau universal berupa simbol-simbol berdasarkan perjanjian manusia) verbal atau nonverbal yang disadari atau tidak disadari yangbertujuan untuk memengaruhi sikap orang lain.
  4. Komunikasi adalah proses dimana seseorang individu atau komunikator mengoperkan stimulant biasanya dengan lambang-lambang bahasa (verbal maupun non-verbal) untuk mengubah tingkah laku orang lain (Carl I. Hovland).
  5. Komunikasi adalah penyebaran informasi, ide-ide sebagai sikap atau emosi dari seseorang kepada orang lain terutama melalui simbol-simbol. (Theodorson dan Thedorson).
  6. Komunikasi adalah seni menyampaikan informasi, ide dan sikap seseorang kepada orang lain (Edwin Emery).
  7. Komunikasi adalah suatu proses interaksi yang mempunyai arti antara sesame manusia (Delton E, Mc Farland).
  8. Komunikasi adalah proses sosial, dalam arti pelemparan pesan /lambang yang mana mau tidak mau akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bnetuk perilaku manusia dan adat kebiasaan (William Albig).
  9. Komunikasi berarti suatu mekanisme suatu hubungan antar manusia dilakukan dengan mengartikan simbol secara lisan dan membacanya melalui ruang dan menyimpan dalam waktu (Charles H. Cooley).
  10. Komunikasi merupakan proses penyalihan suatu maksud dari sumber kepada penerima, proses tersebut merupakan suatu seri aktivitas, rangkaian atau tahap-tahap yang memudahkan peralihan maksud tersebut ( Winnet).
  11. Komunikasi merupakan interaksi antar pribadi yang menggunakan sistem simbol linguistic, seperti sistem simbol verbal (kata-kata) dan non verbal. Sistem ini dapat disosialisasikan secara langsung / tatap muka atau melalui media lain (tulisan, oral, dan visual). (Karlfried Knapp).

Difinisi-definisi sebagaimana dikemukakan di atas, tentu belum mewakili semua definisi yang telah dibuat oleh para ahli. Namun, paling tidak kita telah memperoleh gambaran tentang apa yang dimaksud komunikasi, sebagai mana yang diungkapkan oleh Shannon dan Weafer dalam Wiryanto (2004: 7) menyebutkan bahwa : “komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak disengaja dan tidak terbatas pada bentuk komunikasi verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni dan teknologi”.

Sedangkan pengertian komunikasi secara umum menurut Tommy Suprapto (2009: 7) ada tiga. Pertama, pengertian secara etimologis atau asal katanya, istilah komunikasi berasal dari bahasa latin communicatio, yang bersumber dari kata communis yang berarti sama, dalam arti kata sama makna , communication yang berarti memberi tahu atau bertukar pikiran tentang pengetahuan, informasi atau pengalaman seseorang  (trough communication people share knowledge, information or experience).

Kedua, pengertian secara terminologis adalah komunikasi merupakan proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Pengertian ini menjelaskan bahwa komunikasi ini melibatkan sejumlah orang dengan seseorang menyatakan sesuatu kepada orang lain dan orang yang terlibat dalam komunikasi disebut human communication.

Ketiga, pengertian secara paradigmatik yaitu komunikasi yang berlangsung menurut suatu pola dan memiliki tujuan tertentu, dengan pola komunikasi yang sebenarnya memberi tahu, menyampaikan pikiran dan perasaan, mengubah pendapat maupun sikap.

Referensi:

Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!