Pengertian Media Pembelajaran Menurut Ahli

Secara epistemology, media berasal dari bahasa latin yakni medius yang berarti “tengah, pengantar atau perantara”. Dalam bahasa arab, media disebut wasaii bentuk jama dari wasilah yakni sinonim dari al wasth yang berarti “tengah”. Kata tengah itu sendiri berarti diantara dua sisi, maka disebut juga perantara (wasilah). Karena posisinya berada di tengah, maka ia bisa juga disebut sebagai pengantar atau penghubung (Munadhi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru 2008, 6). Sedangkan menurut AECT (Association of Education and Communication Teachnology), media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi (Uno 2010, 121).

Zainal Aqib (Aqib 2013, 50) mengemukakan pengertian media pembelajaran sebagai berikut:

Media   : perantara, pengantar

Media Pembelajaran    :     segala     sesuatu     yang     dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan merangsang terjadinya proses belajar pada si pembelajar (siswa).

Makna media pembelajaran lebih luas dari : alat peraga, alat bantu mengajar, media audio visual.

Sedang  pengertian  Pembelajaran  adalah  proses  komunikasi antara  pembelajar,  pengajar  dan  bahan  ajar (Sanaky 2011, 3). Menurut versi lain menyebutkan bahwa Media Pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi anatara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar. Dapat dikatakan  bahwa,  bentuk komunikasi  tidak  akan  berjalan  tanpa bantuan sarana untuk menyampaikan pesan.

Oemar Hamalik berpendapat (Sanaky 2011, 4) media pembelajaran adalah sarana pendidikan yang dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran untuk mempertinggi efektifitas dan efisiensi dalam mencapai pembelajaran. Dalam pengertian yang lebih  luas  media pembelajaran  adalah  alat,  metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara pengajar dan pembelajar dalam proses pembelajaran di kelas.

Perkembangan ilmu pengetahuandan teknologi telah mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil teknologi dalam proses belajar. Hal ini menuntut guru agar mampu menggunakan media pembelajaran yang telah disediakan oleh sekolah, dan tidak menutup kemungkinan bahwa media pembelajaran tersebut telah disesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Penggunaan komputer selain  untuk melakukan penghitungan dan pengolahan data juga dapat digunakan  sebagai media untuk menyampaikan materi pelajaran.   Berbagai jenis aplikasi  teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal dengan istilah “Computer Assissted Instruction”(CAI) atau dalam istilah yang sudah diterjemahkan disebut “Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK)”.

Gagne dan Briggs dalam (A. Arsyad 2010, 4) mengatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran, yang terdiri dari buku, tape recorder, kaset, video camera, video recorder, film, slide (gambar bingkai), foto, gambar, grafik, televisi, dan komputer. Dalam pengertian yang lebih  luas  media pembelajaran  adalah  alat,  metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara pengajar dan pembelajar dalam proses pembelajaran di kelas.

Peranan media  pembelajaran  menurut  Kemp, dkk. Dalam B. Uno, (2011, 116) adalah:

  1. Penyajian materi ajar menjadi lebih standar
  2. Pembelajaran lebih jelas dan ,menarik
  3. Proses pembelajaran lebih interaksi
  4. Efisiensi waktu dan tenaga
  5. Meningkatkan kualitas hasil belajar
  6. Belajar dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja
  7. Menumbuhkan sikap positif belajar  terhadap proses dan materi belajar
  8. Meningkatkan peran guru kearah yang lebih positif dan produktif

Referensi:

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada, 2010.

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009

Munadhi, Yudhi. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press, 2008

Sanaky, Hujair AH. Media pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba, 2011

Uno, Hamzah B. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

                        . Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!