Pengertian arti Kemampuan Menurut Ahli

Kemampuan adalah kesanggupan, kecakapan, kekuatan, kekayaan. Menurut para ahli, kemampuan yang dimiliki seseorang berbeda. Perbedaan tersebut membuat manusia memiliki ciri khas yang tidak sama masing-masing individunya. Kemampuan juga bisa disebut sebagai potensi.

Kemampuan atau potensi yang ada didalam diri setiap individu bisa dipelajari, dikembangkan, dan diasah agar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Kemampuan berasal dari kata mampu yang bermakna kuasa, bisa, sanggup, dapat, dalam melakukan sesuatu; kaya, berada, mempunyai harta berlebih. Secara umum kemampuan adalah suatu kesanggupan dalam melakukan sesuatu. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan atau mampu bila ia bisa dan sanggup melakukan sesuatu yang memang harus dilakukannya. Berikut ini adalah kemampuan menurut para ahli:

  • Menurut Akhmat Sudrajat, kemampuan adalah kecakapan yang dimiliki setiap individu dalam melakukan suatu tindakan, kecakapan tersebut berbeda-beda dan mempengaruhi potensi yang ada di dalam diri individu tersebut.
  • Menurut Anggiat M. Sinaga dan Sri Hadiati, kemampuan adalah keefektifan dan keefesien seseorang dalam melaksanakan segala macam pekerjaan.
  • Menurut Chaplin, kemampuan adalah kekuatan untuk melakukan suatu perbuatan.
  • Menurut Robbin, kemampuan adalah suatu kapasitas yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan tugasnya sehingga bisa menjadi penilaian atau ukuran mengenai apa yang dilakukan orang tersebut.

Menurut Mohammad Zain, kemampuan adalah potensi seseorang berupa kesanggupan, kecakapan, dan kekuatan seseorang dalam berusaha dengan dirinya sendiri

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!