Karakteristik Metode Pembelajaran Inquiry berorientasi Discovery

Ada beberapa hal yang menjadi ciri utama diantaranya  adalah sebagai berikut (Sanjaya, 2008):

  • Strategi inkuiri menginginkan siswa untuk bekerja secara maksimal dengan tujuan sebagai proses mencari dan menemukan pemahaman suatu teori. Dengan kata lain, siswalah yang langsung menjadi subjek pembelajaran sehingga siswa bukan sebagai penerima pelajaran yang diberikan guru melainkan juga aktif mencari inti teori pelajaran.
  • Segala kegiatan yang dilakukan siswa selalu diarahkan kepada proses mencari dan menemukan jawaban untuk memperoleh pemahaman, Sehingga mampu memberikan kepercayaan diri siswa. Metode inkuiri tidak memberikan guru sebagai sumber belajar tetapi seorang guru hanya sebagai fasilitator dan motivator. Kegiatan pembelajran biasanya dimulai dari sebuah tanya jawab antara siswa dengan gruru, bertanya adalah inti dari metode inkuiri ini. (Junaedi, 2008: 9) Tujuan dari penggunaan strategi pembelajaran inkuiri adalah untuk meningkatkan kemampuan sistematis siswa, kritis dan logis atau meningkatkan kemampuan intektual serta mental siswa.

Dengan demikian dalam strategi pembelajaran inkuiri siswa tak hanya dituntut agar menguasai materi pelajaran, akan tetapi bagaimana mereka dapat menggunakan potensi yang dimilikinya. Manusia yang hanya menguasai pelajaran belum tentu dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara optimal, namun sebaliknya siswa akan dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya manakala ia bisa menguasai materi pelajaran.

Junaedi, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Surabaya: Tidak Diterbitkan

 Sanjaya, Wina. 2008. Straregi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Preneda Media Group

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!