Pengertian E-book (Buku Digital) Menurut Ahli

 

Buku digital atau e-book menurut Supriyadi (2013:55) merupakan sebuah publikasi yang terdiri dari teks, gambar, video, maupun suara dan diterbitkan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di komputer maupun perangkat elektronik lainnya.

Sedangkan menurut Megabella dalam Yani (2014:11) ebook (dalam bahasa Indonesia disebut buku elektronik) seringkali disebut electronic book, merupakan versi digital dari sebuah buku. Jika biasanya pada sebuah buku anda akan dapat melihat tumpukan (kumpulan) kertas yang di dalamnya berisi teks dan gambar dan dikemas dalam sebuah file.

Perkembangan  digital  memungkinkan     mewujudkan     buku  “nirkertas” bahkan buku “maya” yang mudah dibawa dan disimpan serta mudah dibaca ketika diperlukan. Teks yang menjadi hakikat buku dapat disimpan dalam bentuk digital. Buku  digital  (e-book)  membekali  siswa  mampu  mengubah  format  file  teks menjadi buku digital, bahkan menambahkan video dan suara dalam buku tersebut (Supriyadi, 2013:4).

Dari beberapa pendapat di atas, maka dapat dikatakan bahwa e-book merupakan  versi  elektronik  dari  buku  yang  terdiri  dari  teks,  gambar,  video, maupun suara dan diterbitkan dalam bentuk digital yang mudah dibawa dan disimpan serta mudah dibaca ketika diperlukan.

Kelebihan dan Kekurangan E-book

Terdapat beberapa kelebihan e-book diantaranya:

1) Ratusan bahkan ribuan buku dapat disimpan dalam satu penyimpanan sehingga lebih praktis dan dapat dibaca dimana saja.

2) Biaya yang digunakan relatif murah.

3) Ukuran huruf/font bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

4) Dapat melakukan pencarian cepat ke teks yang kita butuhkan.

5) Bisa dibaca di ruangan yang intensistas cahayanya kurang.

6) Bisa diberi gambar animasi ataupun multimedia.

7) Penulis lebih mudah dalam menerbitkan buku.

8) Mampu   mengurangi   kebutuhan   kertas   sehingga   diharapkan   mengurangi penebangan pohon sebagai bahan baku kertas.

Adapun beberapa kekurangan e-book diantaranya:

1) Membutuhkan perangkat khusus untuk membacanya.

2) Membaca dalam waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan mata sakit.

3) Belum  banyak  penerbit  besar  ataupun  penulis  terkenal  yang  mengeluarkan versi e-book.

4) Ebook lebih rentan pembanjakan dibandingkan dengan buku cetak.

 

Supriyadi, Eko. 2013. Simulasi Digital. Malang : KEMDIKBUD

Yani, Leni. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak Berbasis Ebook menggunakan PDF (Portable Document Format kelas IX SMA N 1 Susukan. Skripsi. Tidak diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!