Pengertian Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi merupakan metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekadar tiruan.   Sebagai   metode   penyajian,   demonstrasi   tidak   terlepas   dari penjelasan secara lisan oleh guru (http://education-mantap.blogspot.com /2010/05/metode-demonstrasi.html).

Menurut Hamdani (2011:269), metode demonstrasi adalah suatu cara mengajar dengan mempertunjukan cara kerja suatu benda. Sanjaya (2011:152), juga berpendapat bahwa metode demonstrasi adalah metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan. Menurut Permana (2011:17), metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan secara langsung proses terjadinya sesuatu yang disertai dengan penjelasan lisan. Sedangkan menurut Ahmadi dan Prasetya (1997:62), metode demonstrasi adalah metode mengajar dimana guru atau orang lain yang sengaja diminta atau murid sendiri memperlihatkan kepda seluruh kelas suatu proses.

Dari beberapa definisi di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran demonstrasi adalah cara penyajian materi dengan memperagakan   dan   mempertunjukan   secara   langsung   kepada   siswa melalui media yang disertai penjelasan lisan. Dengan demikian siswa akan lebih mengerti tentang apa yang sedang dipelajari.

Sedangkan untuk ciri khas metode demonstrasi tampak dari adanya penonjolan mengenai suatu kemampuan, misalnya kemampuan guru membuktikan teorema, menurunkan rumus, atau memecahan soal cerita. Jika metode demonstrasi ini dilakukan oleh siswa maka siswa juga harus mempunyai kemampuan seperti yang dimiliki gurunya tersebut

Menurut Sanjaya (2011:152), sebagai suatu metode pembelajaran demonstrasi memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

  1. a. Melalui metode demonstrasi terjadinya verbalisme akan dapat dihindari, sebab siswa disuruh langsung memperhatikan bahan pelajaran yang dijelaska
  2. Proses pembelajaran akan  lebih  menarik,  sebab  siswa  tak  hanya mendengar, tetapi juga melihat peristiwa yang terjadi.
  3. c. Dengan cara mengamati  secara  langsung  siswa  akan  memiliki kesempatan untuk membandingkan antara teori dan kenyataa Dengan demikian siswa akan lebih meyakini kebenaran materi pembelajaran.

Di samping beberapa kelebihan, menurut Sanjaya, metode demonstrasi juga memiliki beberapa kelemahan, di antaranya:

  1. a. Metode demonstrasi memerlukan persiapan yang lebih matang, sebab tanpa persiapan yang memadai demonstrasi bisa gagal sehingga dapat menyebabkan metode ini tidak efektif lag Bahkan sering terjadi untuk menghasilkan pertunjukan suatu proses tertentu, guru harus beberapa kali mencobanya terlebih dahulu, sehingga dapat memakan waktu yang banyak.
  2. Demonstrasi memerlukan kemampuan  dan  keterampilan  guru  yang khusus,   sehingga   guru   dituntut   untuk   bekerja   lebih   professional

Disamping  itu  hal terpenting dari metode demonstrsi  juga  memerlukan  kemauan  dan  motivasi yang bagus untuk keberhasilan proses pembelajaran siswa.

Adapun langkah-langkah dari metode pembelajaran demonstrasi adalah sebagai berikut:

  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran,
  2. Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan,
  3. Guru menyiapkan alat atau bahan yang diperlukan dalam peragaan,
  4. Menunjuk salah   seorang   siswa   untuk   mendemonsrasikan   sesuai skenario yang telah dipersiapkan,
  5. Seluruh siswa memperhatikan demonstrasi dan menganalisa,
  6. Tiap siswa atau kelompok mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemonstrasikan,
  7. Guru membuat kesimpulan.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia 269

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana 152

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia 62

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana 152

http://rumahdesakoe.blogspot.com/2011/05model-pembelajaran demonstrasi.html)


 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!