Pengertian Strategi Mastery Learning

Strategi Mastery Learning

Menurut Bloom dalam Asra (2008: 107) Mastery mempunyai arti penguasaan penuh terhadap inti materi pembelajaran, sedangkan menurut Keller dalam Asra (2008: 107) Mastery adalah Performance (penampilan) yang sempurna dalam sejumlah unit pembelajaran tertentu. Sedangkan Learning Berarti belajar atau pembelajaran. Sehingga Mastery Learning diartikan sebagai penguasaan (hasil belajar) siswa secara penuh terhadap seluruh materi pembelajaran yang dipelajari ( Asra, 2008:107).

Berbagai sumber dapat diajukan untuk membuat definisi tentang mastery learning. Dalam pedoman yang dibuat oleh Departemen Pendidikan Nasional yang dimaksud dengan mastery learning adalah strategi pembelajaran yang mempersyaratkan siswa agar menguasai secara tuntas seluruh standar kompetensi maupun kompetensi dasar mata pelajaran tertentu (Depdiknas, 2003-2004: 9). Menurut Suryosubroto (1996: 96) belajar tuntas adalah satu filsafat yang mengatakan bahwa dengan sistem pengajaran yang tepat semua siswa dapat belajar dengan hasil yang baik dari hampir seluruh materi pelajaran yang diajarkan di sekolah. Menurut Ahmadi dan  Prasyetyo (1997: 157). mastery learning adalah suatu strategi pengajaran yang diindividualisasikan dengan menggunakan pendekatan kelompok (group-based approach). Strategi ini memungkinkan para siswa belajar bersama-sama berdasarkan pembatasan bahan pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa sampai tingkat tertentu penyediaan waktu belajar yang cukup dan pemberian bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Sedangkan menurut Usman dan Setiawati (1993: 96) mastery learning adalah pencapaian taraf penguasaan minimal yang ditetapkan setiap unit pelajaran baik secara perseorangan maupun kelompok, dengan kata lain apa yang dipelajari siswa dapat dikuasai sepenuhnya.

Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa mastery learning adalah  suatu strategi pembelajaran yang mempersyaratkan  setiap siswa harus menguasai setiap standar kompetensi maupun kompetensi dasar mata pelajaran tertentu secara tuntas, dan diberikannya waktu belajara yang cukup agar mencapai hasil yang baik dan sesuai dengan taraf penguasaan yang telah ditetapkan baik individu maupun kelompok.

Staretegi mastery learning memiliki beberapa ciri-ciri yang mana menurut Suryosubroto (1996:102) ciri-ciri mastery learning adalah sebagai berikut:

  1. Pengajaran didasarkan atas tujuan-tujuan pendidikan yang telah ditentukan terlebih dahulu
  2. Memperhatikan perbedaan individu
  3. Evaluasi dilakukan secara kontinu dan didasarkan atas kriteria
  4. Menggunakan program perbaikan dan program pengayaan
  5. Menggunakan prinsip belajar siswa aktif
  6. Menggunakan satuan pelajaran yang kecil.

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwasannya strategi mastery learning memiliki ciri-ciri dimana  siswa dapat belajar dengan baik dengan pengajaran yang tepat yang didasarkan atas tujuan-tujuan pendidikan, serta siswa diberi kesempatan belajar yang sama dan seragam sampai siswa dapat menguasai pelajaran. Sealin itu cirri mastery learning  adalah siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan diberikannya evaluasi secara continue.

Strategi mastery learning  selain memiliki ciri-ciri juga memiliki variabel-variabel sebagai berikut :

  1. Aptitude (bakat)
  2. Perseverance (ketekunan)
  3. Quality of instruction (kualitas pengajaran)
  4. Ability to understand instruction (kemampuan untuk menerima pelajaran)
  5. Time allowed for learning (kesempatan yang tersedia untuk belajar)

    (Asra, 2008: 108)

Suryo Suryosubroto. 1996. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:  CV. Pustaka Setia

Usman, Moh. Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Asra, Sumiati. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Depdiknas. 2003-2004. Pedoman Pembelajaran Tuntas (Mastery learning). Jakarta

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!