Pengertian Motivasi Belajar Menurut Ahli

Pengertian Motivasi Belajar

Motivasi berasal dari bahasa Latin “movere”, yang berarti menggerakkan. Wlodkowski menjelaskan motivasi sebagai suatu situasi atau keadaan yang memicu sesorang terhadap perilaku tertentu yang memiliki arah dan ketahanan pada perilaku tersebut (Siregar, 2011: 49). Menurut Martini Jamaris dalam (Winipah, 2014: 21)motivasi juga dapat didefinisikan sebagai suatu tenaga yang mendorong dan mengarahkan perilaku manusia untuk mencapai tujuan yang akan dicapainya, dengan kata lain motivasi adalah suatu kekuatan atau tenaga yang membuat individu bergerak dan memilih untuk melakukan suatu kegiatan yang ingin dicapainya. Kuat lemahnya motivasi belajar seseorang turut mempengaruhi keberhasilan belajar. Karena itu motivasi belajar perlu diusahakan, terutama yang berasal dari dalam diri dengan cara senantiasa memikirkan masa depan yang penuh tantangan dan harus dihadapi untuk mencapai cita-cita. Senantiasa memasang tekat bulat untuk selalu optimis bahwa cita-cita dapat dicapai dengan belajar. Motivasi sebagai determinan penting dari proses belajar, para ahli sukar mendefinisikannya, akan tetapi motivasi berhubungan dengan (1) arah perilaku; (2) kekuatan dari respon (yakni usaha) setelah belajar siswa memilih mengikuti tindakan tertentu; dan (3) ketahanan perilaku, atau beberapa lama seseorang itu terus menerus berperilaku menurut cara tertentu (Yamin, 2006: 172). Ada dua prinsip yang dapat digunakan untuk meninjau motivasi, ialah (1) Motivasi juga dapat dipandang sebagai suatu proses. Pengetahuan yang telah diimiliki membantu untuk menjelaskan terhadap perilaku yang diamati serta untuk memperkirakan perilaku yang lain pada seseorang tersebut., (2) Dengan melihat petunjuk-petunjuk dari perilaku seseorang dapat ditentukan karakternya. Dan sejauh mana petunjuk itu valid dapat ditinjau dari kegunaannya dalam memperkirakan dan menjelaskan perilaku tersebut. (Hamalik, 2001:158).

Dari beberapa pengertian motivasi yang sudah disebutkan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi adalah perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.

Sedangkan belajar adalah perubahan tingkah laku secara relatif permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil dari praktek atau penguatan (reinforced practice) yang dilandasi tujuan untuk mencapai tujuan tertentu (Uno, 2007: 23). Belajar merupakan hal yang vital dalam kehidupan manusia, karena sebagian besar perkembangan individu berlangsung melalui kegiatan belajar. Belajar juga merupakan hal yang vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga dapat dikatakan tiada pendidikan tanpa belajar. Proses belajar berlangsung sepanjang hidup manusia, terjadi kapan dan dimana saja. Proses belajar terjadi karena ada interaksi antara individu dengan lingkungan, belajar dapat dikatakan sebagai proses setiap individu guna merubah perilaku dalam berinerakti dengan lingkungan tempat tinggal. Menurut Witherington dalam (Nurhayati, 2010: 18) mendefinisikan belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respon yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan.

 

 

Nurhayati, Eti. 2010. Bimbingan Keterampilan dan Kemandirian Belajar. Bandung: Batik Press.

Siregar, Evelin dan Nara Hartini.2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Winipah. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (TI) Software Microsoft Mathematics Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Turunan (Differensial) Kelas XI SMAN 1 Sliyeg. Cirebon (ID): Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cirebon

Yamin, Martinis. 2006. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Pres.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!