Pengertian Pembelajaran Menurut Ahli

Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran atau pengajaran menurut Degeng (Hamzah, 1998:83-84) adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Dalam pengertian ini secara implisit dalam pembelajaran terdapat kegiatan memilih, menetapkan, mengembangkan, metode untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Pemilihan, penetapan, dan pengembangan metode ini didasarkan kepada kondisi pembelajaran yang ada. Kegiatan-kegiatan tersebut pada dasarnya merupakan inti dari perencanaan pembelajaran. Konsep pembelajaran yang dipakai dalam buku ini memiliki maksud yang sama dengan pembelajaran yang telah disusun sebelumnya (Uno, 1998: 84).

Pembelajaran merupakan perpaduan antara dua aktivitas, yaitu aktivitas mengajar dan aktivitas belajar. Pembelajaran menurut Moh. Uzer Usman (2006:4) merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian interaksi guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. (Dwika Liona, dkk. 2014: 3-4). Pembelajaran adalah upaya untuk menciptakan iklim dan pelayanan terhadap kemampuan, potensi, minat, bakat, dan kebutuhan peserta didik yang beragam agar terjadi interaksi optimal antar guru dengan siswa serta antara siswa dengan siswa. Jadi pada prinsipnya strategi pembelajaran yang dilakukan guru dalam menyampaikan materi bahan ajar kepada para siswa. Model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain.

Hamalik (2007: 57) menyatakan bahwa pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran Sriyono (1992:75) berpendapat bahwa “keaktifan adalah pada waktu guru mengajar ia harus megusahakan agar murid-muridnya aktif jasmani maupun rohani”. Keaktifan siswa terjadi karena adanya interaksi antara guru dan siswa. (Al-Fajar, 2014: 2)

Sardiman (2005: 76) dalam bukunya yang berjudul “Interaksi dan Motivasi Belajar” menyebutkan istilah pembelajaran dengan interaksi edukatif. Menurut beliau yang dianggap interaksi edukatif ialah interaksi yang dilakukan secara sadar untuk mendidik dalam rangka mengantarkan peserta didik ke arah kedewasaannya. Pembelajaran merupakan proses yang berfungsi membimbing para peserta didik di dalam kehidupannya yakni membimbing dan mengembangkan diri sesuai dengan tugas perkembangan yang harus dijalani. Proses edukatif memiliki ciri-ciri adanya tujuan yang ingin dicapai, adanya pesan yang akan ditransfer, adanya peserta didik, adanya pendidik, adanya metode, adanya situasi, dan adanya penelitian.

Pembelajaran menurut Tardif (Muhibbinsyah, 2004: 89) adalah sebuah proses kependidikan yang sebelumnya direncanakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan serta di rancang untuk mempermudah belajar. Sedangkan pembelajaran menurut Majid (2007) di artikan sebagai suatu proses yang di lakukan oleh para guru dalam membimbing, membantu dan mengarahkan peserta didik untuk memiliki pengalaman belajar. Dengan kata lain bahwa pembelajaran merupakan suatu cara bagaimana mempersiapakan pengalaman belajar bagi para peserta didik.

Dwika, Liona dkk. 2014. Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Model Pembelajaran Drill Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar TIK. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) Volume 3 No. 1.

Uno, B. Hamzah. 2012. Model Pembelajaran. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya

Muhibbinsyah. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung : Sinar Baru Algesindso

Al-Fajar, Miftakhul Faizin. 2014. Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa dengan Metode Pembelajaran Reciprocal Teaching. Purworejo: Skripsi Program Studi Matematika Universitas Muhamadiyah purworejo

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!