Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Ahli

Pengertian Metode Pembelajaran

Berikut ini adalah arti, pengertian metode pembelajaran menurut para ahli

Secara harfiah kata metode berasal dari bahasa Yunani yaitu methodos yang artinya jalan atau cara (Suprihatiningrum, 2013: 281). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia metode adalah cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki (Heriawan, 2012: 73).
Dalam bukunya, Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya (2005: 52) mengungkapkan bahwa metode pembelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh seorang guru atau instruktur.
Menurut Sudjana sebagaimana yang dikutip oleh Adang Heriawan, dkk (Heriawan, 2012: 73) metode pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh guru dalam mengadakan hubungannya dengan siswa pada saat berlangsungnya proses pembelajaran, peranan metode pembelajaran disini yaitu sebagai alat untuk menciptakan proses mengajar dan belajar.
Metode pembelajaran yang baik adalah metode pembelajaran yang diterapkan dan dilakukan oleh guru dengan menyesuaikan tujuan dan situasi yang ada di tempat metode pembelajaran itu diterapkan. Sehingga metode pembelajaran itu lebih efektif.
Menurut Yamin sebagaimana yang dikutip oleh Jamil Suprihatiningrum (2013: 281) metode pembelajaran merupakan cara melakukan atau menyajikan, menguraikan materi pembelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan.
Menurut Adang Heriawan dkk (2012: 74) metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dipergunakan untuk meng-implementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Atau dapat juga didefinisikan sebagai cara kerja yang bersistem dalam memudahkan dalam pelaksanaan suatu kegiatan pembelajaran guna tercapainya suatu tujuan yang telah direncanakan dan ditentukan sebelumnya.
Metode pembelajaran juga diartikan sebagai suatu teknik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual atau secara kelompok atau klasikan, agar materi pelajaran tersebut dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik (Ahmadi, 2005: 52). Makin baik metode pembelajaran itu diterapkan, maka makin efektif pula pencapaian tujuan pembelajaran tersebut.
Jamil Suprihatiningrum (2013: 282) mengatakan metode pembelajaran dapat dikatakan baik, jika memenuhi ciri-ciri di bawah ini:
1) Kesesuaian dengan tujuan, karakteristik materi dan karakteristik siswa;
2) Bersifat luwes, fleksibel, artinya dapat dipadupadankan dengan metode-metode pembelajaran yang lainnya untuk mewujudkan tujuan dari pembelajaran tersebut;
3) Memliki fungsi untuk menyatukan teori denga praktik, sehingga mampu mengantarkan siswa pada pemahaman materi dan kemampuan praktis;
4) Penggunaan metode pembelajaran tersebut dapat mengembangkan materi yang ingin disampaikan;
5) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjadi lebih aktif di dalam proses pembelajaran.

Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya (2005: 52) mengatakan di dalam penggunaan satu atau beberapa metode pembelajaran harus memperhatikan syarat-syarat, beberapa diantarnya yaitu sebagai berikut:
1) Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran harus dapat membangkitkan motivasi, minat ataupun gairah belajar siswa;
2) Metode pembelajaran yang dipergunakan harus dapat menjamin perkembangan kegiatan kepribadian siswa;
3) Metode pembelajaran yang dipergunakan harus dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mewujudkan hasil karya;
4) Metode pembelajaran yang dipergunakan harus dapat merangsang keinginan siswa untuk belajar lebih lanjut, melakukan eksplorasi dan inovasi (pembaharuan);
5) Metode pembelajaran yang dipergunakan harus dapat mendidik murid dalam teknik belajar sendiri dan cara memperoleh pengetahuan melalui usaha pribadi;
6) Metode pembelajaran yang dipergunakan harus dapat mentiadakan penyajian yang bersifat verbalitas dan menggantinya dengan pengalaman atauu situasi yang nyata dan memiliki tujuan;
7) Metode pembelajaran yang dipergunakan juga harus dapat menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai dan sikap-sikap utama yang diharapkan dalam kebiasaan cara bekerja yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga Bermanfaat

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!