Hati-hati Ransomware Wannacry, File Microsoft Bisa Terkunci

Selamat pagi semuanya….

Pada akhir-akhir ini dunia internet digegerkan dengan berita virus yang sangat berbahaya, virus ini bernama ransomware tipe wannacry. Sesuai dengan tipenya yaitu wannacry yang berarti ingin menangis adalah suatu virus yang disebarkan melalui jaringan internet. Virus wanncry ini mengakibatkan semua file microsoft office yang ada di komputer tidak bisa diakses/dibuka. Melihat perkembangan globalisasi bahwa microsoft office merupakan software yang sangat populer di semua negera karena sebagai alat penunjang kegiatan apapun termasuk pendidikan, bisnis dan lain sebagainya. Sehingga ada sesorang yang bermaksud tidak baik membuat virus wannacry.

wannacry adalah virus yang memblok software microsoft office sehingga tidak dapat digunakan seperti biasanya. Oleh sebab itu, wannacry akan menyerang komputer yang menggunakan operasi sistem windows, seperti windows xp, windows 7, windows 8 hingga windows 10. mengingat dengan jumlah yang sangat banyak pemilik komputer menggunakan windows bajakan. Sehingga lebih mudah terinfeksi virus ini.

Anda yang sekarang menggeluti profesi apapun yang dalam kesehariannya menggunakan komputer maka tak asing lagi menggunakan microsoft office seperti word, powerpoint dan excel. Sebelum terlambat, segera amankan file penting yang dimiliki dan jangan sampai hilang atau menjadi korban virus wannacry ini.

berikut ini adalah tips yang sangat membantu Anda untuk mengantisipasi virus ransomware wannacry:

  1. Jangan terkoneksi internet terlebih dahulu, baik itu wifi atau lan
  2. Segera backup semua file microsoft office Anda secara offline yaitu memindahkan ke flasdisk atau hardisk
  3. Segera aktifkan microsoft security untuk mengamankan file Anda
  4. Segera update menggunakan internet yang cepat untuk emngupdate semua antivirus yang Anda gunakan di komputer / laptop
  5. Jangan mengaktifkan fungsi macros

Tindakan setelah terinfeksi.

Tidak ada tindakan yang dapat menyelamatkan file microsoft office yang sudah terinveksi virus wannacry ini. salah satunya cara adalah Anda harus membayar sejumlah uang untuk mengembalikan file-file Anda yang sudah terkena virus. Anda harus membayar dengan cara transfer menggunakan bank virtual seperti bitcoin dan paypall. Jumlah uang yang harus Anda transfer adalah sekitar 300 dolar amerika atau setara dengan 4.000.000 rupiah. Sama seperti harga laptop baru bukan? Dan 300 dalar tersbut adalah harga awal, tiap harinya akan terus bertambah jumlah uang yang harus Anda transfer. So, sebelum terlambat segera amankan file penting Anda sebelum terlambat.

Ingat segera update antivirus

avira: https://www.avira.com/en/avpro-os-tss-30-123?x-c-channel=SEM&x-a-source=Media&x-a-medium=SEM&x-a-network=Search&gclid=CN-Nmoy17tMCFdIWaAodoQUNrA

samadav: smadav.net

Ingat segera backup semua file penting Anda

Ingat segera update / install microsft security Anda. klik link berikut: https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx

semoga artikel ini dapat membantu teman-teman….

Ada beberapa sumber yang bilang bahwa alngkah baik menggunalan micorosft office yang asli atau original agar mendapatkan sistem keamanan dari microsoft itu sendiri. Nah sudah tau belum harga micorosft office yang asli?. Peluncuran office 2016 sudah dilakukan sejak september 2015. Saat ini untuk produk office 2016 yang asli ada beberapa jenis yaitu:

Office Home & Student 2016 dengan harga kisaran 120 dollar AS atau Rp 1,7 juta untuk satu device satu user

Office Home & Business,  dengan harga kisaran 290 dollar AS atau Rp 4,2 juta untuk 5 device komputer dengan user sama

Layanan cloud Office 365 Home Subscription harga 80 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 juta, dan Office 365 Personal Subscription dengan harga 60 dollar AS (sekitar Rp 800.000).

Tampilan komputer setelah terinfeksi virus ransomware wannacry

Setelah membaca artikel ini segera Anda cari digoogle dan download beberapa antivirus dan securty yang Anda perlukan. Dan Anda masih punya waktu untuk menshare artikel ini melalui google plus atau facebook Anda untuk memberitahukan ke semua teman-teman Anda. Terima kasih ….

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!