Cara Membuat Grafik Untuk Penelitian

Pada postingan kali ini Saya ingin berbagi cara membuat grafik untuk keperluan penelitian. Grafik adalah suatu penyajian informasi yang mudah dibaca dan juga mudah diartikan dari sekelumpulan data yang ada. Namun, pembuatan atau penyajian grafik juga harus disesuaikan dengan data yang dimiliki sehingga pemilihan grafik dengan cocok dapat menggambarkan suatu keadaan.

Sebagai contoh perhatikan data berikut ini:

Nilai Pretes : 50, 65, 50, 45, 50, 60, 55, 60, 40, 55

Nilai Postes : 70, 75, 80, 85, 70, 75, 80, 90, 85, 90

Grafik yang biasa digunakan untuk menyajikan data penelitian yang menggunakan data pretes dan postes adalah grafik ogive. Lalu bagaimana cara membuat grafik ogive? Saya akan memberikan tutorial membuat grafik ogive menggunakan excel versi 2013. Perhatikan cara membuat grafik di excel berikut ini:

siapkan dan ketik data penelitian nilai pretes dan postes di excel

dari gambar di atas sudah disiapkan data penelitian berasal dari nilai pretes dan postes. Selanjutnya blok kedua kolom tersebut dan arahkan kursor ke menu insert yang ada di excel.

kemudian dari beberapa pilihan grafik silahkan pilih chart line. seperti gambar di atas.

maka akan menghasilkan grafik ogive seperti gambar di bawah ini:

dari gambar di atas dapat kita ketahui bahwa terdapat dua garis yang berada di grafik masing-asing berwarna orange dan biru. Bila kita perhatikan bahwa garis yang berwarna orange merupakan grafik data postes sedangkan garis warna biru merupakan grafik data pretes. dan dapat disimpulkan bahwa data nilai postes lebih tinggi dari pada data nilai pretes. Sehingga mungkin saja data penelitian tersebut terjadi adanya peningkatan nilai pretes dan postes. Dalam hal ini perlu diuji lanjut menggunakan uji statistika yang berlaku.

Untuk dapat memahami cara pembuatan grafik menggunakan excel untuk data penelitian pretes dan postes ini, silahkan Anda coba lakukan secara mandiri agar dapat terbiasa menyajikan data dalam bentuk grafik menggunakan excel.

Sekian postingan ini, semoga bermanfaat bagi semuanya. Apabila terdapat beberapa pertanyaan silahkan isi kolom komentar yang disediakan.

Jangan lupa bagika artikel ini jika bermanfaat, agar semua teman-teman Anda dapat membacanya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!